Bahaya sering operasi caesar

Bahaya sering operasi caesar

Terlalu sering melakukan operasi caesar ternyata berbahaya bagi kesehatan, sebagaimana artikel berikut yang dikutip dari web infosehat. Memiliki masalah kehamilan ataupun tidak, saat ini banyak ibu hamil memilih melahirkan melalui operasi caesar. Bedah caesar memang merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan ibu dan bayi dalam kandungannya. Namun, jika sering dilakukan, hal itu bisa membahayakan kesehatan. “Risiko histerektomi (pengangkatan rahim) hampir lima kali lebih tinggi pada perempuan yang sudah empat kali di operasi caesar serta risiko transfusi darah lebih tinggi jika sudah enam kali menjalani operasi caesar,” kata dr Caroline Tirtajasa, SpOG, spesialis kebidanan dari RS Omni, Pulomas, Jakarta.

Sebagian besar dokter tidak menyarankan seorang perempuan menjalani operasi caesar lebih dari tiga kali. Jika dia hamil lagi, dianjurkan untuk melahirkan secara normal melalui vagina. Itu karena bedah caesar berulang-ulang mengandung risiko komplikasi. Risiko yang potensial adalah abnormal placentation (terjadi pada 1 dari 2.500 kehamilan) atau placenta accreta. Berikut ini beberapa bahaya sering operasi caesar

Bahaya sering operasi caesar

Rahim pecah (uterine rupture)

Bahaya sering operasi caesar menyebabkan rahim pecah, rahim pecah terjadi karena bekas luka di rahim rentan robek atau hancur. Bagi perempuan yang mengalami kondisi ini, bayinya berisiko mengalami kematian 10 kali lebih tinggi.

Adhesi dan jaringan parut

Bahaya sering Operasi caesar juga akan menimbulkan jaringan parut atau adhesi. Beberapa perempuan ada yang merasakan sakit akibat adhesi dan ada juga yang menjadi lumpuh. Adhesi yang luas bisa menimbulkan komplikasi lain yang menimbulkan rasa sakit sehingga menyebabkan ketidaknyamanan.

Plasenta previa

Risiko melahirkan dengan operasi caesar berkali-kali membuat letak plasenta terlalu dekat dengan leher rahim. Jika leher rahim terbuka, hal itu bisa menyebabkan keguguran dan perdarahan hebat. Perdarahan sangat banyak dapat mengakibatkan anemia atau ibu memerlukan transfusi darah.

Placenta accreta

Terjadi apabila tempat menempel plasenta terlalu dalam di dinding rahim. Bekas luka operasi caesar dapat meningkatkan risiko ini. Kondisi ini kemungkinan bisa melibatkan kerusakan pada rahim atau organ lainnya serta perdarahan. (source: infosehat49.web.id)

Bagi anda yang telah melakukan operasi caesar untuk lebih baiknya silahkan baca artikel tips pasca operasi caesar, sedangkan untuk mempercepat proses penyembuhan operasi caesar lebih cepat, anda bisa mengkonsumsi ekstrak teripang, berdasarkan penelitian teripang sangat efektif dalam menyembuhkan luka operasi, untuk lebih jelas silahkan baca Tips pengobatan alami pasca operasi caesar

Artikel kesehatan: Bahaya sering operasi caesar

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Bahaya sering operasi caesar, 5.0 out of 10 based on 2 ratings

About admin Obat Herbal

Terima kasih atas kunjungan anda di web toko obat herbal online kami, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi customer support kami.
This entry was posted in Obat herbal pasca operasi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>